Begini Aturan Dasar Bermain Catur Yang Digunakan Dalam Kejuaraan Internasional

Begini Aturan Dasar Bermain Catur Yang Digunakan Dalam Kejuaraan Internasional

Setiap permainan tentu ada aturan, karena apabila tidak ada aturan maka jalannya permainan akan kacau. Hal ini tentu berlaku juga dalam permainan catur, apalagi catur juga bukan hanya sekedar permainan, melainkan olahraga yang sudah dipertandingkan dari level terendah hingga lever tertinggi di tingkat internasional.

Tetapi harus disadari bahwa semua orang bisa saja membuat aturan versi mereka sendiri jika tidak ada aturan baku. Itulah mengapa harus ada aturan baku yang diketahui, dipahami dan tentu saja disetujui secara global. Sehingga aturan yang berlaku di suatu negara akan berlaku jika di negara lain. Tentu hal ini akan memudahkan pengembangan dari olahraga catur itu sendiri ke depannya.

Aturan Bermain Catur Dalam Berbagai Kejuaraan

Begini Aturan Dasar Bermain Catur Yang Digunakan Dalam Kejuaraan Internasional

FIDE sebagai organisasi catur internasional jelas merupakan pihak yang paling bertanggung jawab soal aturan baku yang harus berlaku secara global tersebut. Itulah mengapa akhirnya mereka menelurkan aturan-aturan yang dibuat berdasarkan pemahaman umum aturan permainan catur di masa awalnya dengan berbagai masukan yang masuk dari para pecatur. Hingga akhirnya didapati aturan baku permainan catur yang tentu juga digunakan pada kejuaraan catur dunia seperti berikut ini.

  • Pecatur yang sedang bermain atau bertanding harus menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Nilai sportivitas yang dimaksud selayaknya nilai sportivitas yang secara umum sudah dikenal, misalnya ditunjukkan dengan tidak mengganggu konsentrasi lawan baik ketika lawan sedang berpikir maupun ketika sedang mengambil langkah. Tidak lupa pecatur juga harus selalu berpegang teguh pada semboyan kebanggaan olahraga ini yaitu Gen’s Una Sumus yang memiliki arti kita satu keluarga. Semboyan tersebut memiliki makna jelas bahwa pertandingan catur yang dilangsungkan tidak berada di atas persaudaraan sesama manusia.

  • Melangkah secara bergantian

Seperti yang sudah semua orang ketahui bahwa hanya ada dua warna bidak catur dalam permainan catur. Warnanya memang bisa apa saja tetapi yang paling umum adalah bidak putih dan hitam. Pemain yang berada di sisi bidak putih merupakan pemain yang mendapatkan kesempatan terlebih dahulu untuk melancarkan langkah pada bidak catur miliknya. Setelah itu barulah pemain yang berada did sisi bidak hitam yang mengambil giliran.

  • Harus menjalankan bidak yang sudah dipegang

Apabila seorang pemain sudah memegang suatu bidak miliknya, maka ia harus mengambil langkah dengan bidak yang sudah ia pegang itu. Kecuali pada kondisi-kondisi tertentu yang memang mengakibatkan bida yang terpegang itu tidak dapat dijalankan. Misalnya bidak pion yang hanya bisa berjalan maju ke depan sedangkan persis di depannya ada bidak lawan yang menghalangi langkahnya.

  • Langkah dinyatakan selesai saat bidak lepas dari tangan

Suatu langkah baru dapat dikatakan selesai apabila tangan si pemain sudah melepaskan bidak yang dijalankannya itu. Ini berarti pemain lawan tidak boleh menjalankan bidak miliknya sebelum bidak terlepas dari tangan pemain yang sedang menjalankan gilirannya.

  • Apabila bida menyentuh bidak lawan, maka bida lawan harus dimakan

Bidak seorang pemain yang sudah dijalankan kemudian menyentuh bidak milik lawan yang berada di jalur jalan si bidak yang dimaksud, maka bidak lawan harus dimakan.

  • Ada rokade panjang dan ada rokade pendek

Mekanisme rokade hanya bisa dilakukan apabila posisi atau kondisi bidak raja tidak sedang terancam. Selain itu bidak raja haruslah yang dipegang terlebih dahulu ketika hendak melakukan rokade. Jadi bukan benteng dahulu yang dipegang.

  • Bidak promosi harus diganti

Bidak promosi alias bidak pion yang sudah mencapai petak akhir dari wilayah permainan lawan harus diganti. Jadi tidak ada pilihan untuk tidak mengganti bidak  tersebut.

  • Tidak harus mengucap ketika skak

Kondisi skak tidak harus diucapkan kepada lawan, namun tidak masalah juga jika ingin mengucapkannya untuk menyadarkan lawan.

  • Kondisi kalah

Kondisi kalah adalah ketika menyerah dalam permainan, posisi bidak raja sudah mati atau bisa juga karena waktu berpikir habis.

  1. Kondisi Remis

Kondisi remis adalah ketika kedua pemain yang sedang bermain sepakat untuk remis, terjadinya skak abadi yang terjadi 3 kali berturut-turut, bangunan sama 3 kali secara berturut-turut, dan juga apabila tidak saling memakan bidak lawan selama 40 langkah.

Perkembangan Aturan Catur Pada Kejuaraan Dunia

Seiring perkembangan, aturan permainan catur juga tentu saja berkembang terutama dalam kejuaraan catur skala internasional. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan kondisi zaman, misalnya seperti pelarangan membawa ponsel yang kini ada karena memang dulu ponsel belum digunakan oleh para pecatur.

Selain itu adanya perkembangan aturan permainan catur juga untuk menjaga atmosfer kejuaraan catur itu sendiri sehingga olahraga catur dapat terus menarik untuk diikuti. Untuk lebih lengkapnya mengenai aturan terbaru permainan catur tentu bisa secara langsung mengunjungi situs resmi dari FIDE selalu organisasi catur internasional.