Mengenal Perbedaan Kejuaraan Catur Klasik, Cepat Dan Kilat

Mengenal Perbedaan Kejuaraan Catur Klasik, Cepat Dan Kilat

Bagi pecinta catur baik itu yang memang seorang pemain catur profesional maupun yang hanya hobi saja agaknya tidak akan asing dengan istilah permainan catur klasik, cepat dan kilat. Pasalnya ketiga istilah tersebut memang sudah lazim ditemui di kejuaraan-kejuaraan catur masa kini termasuk kejuaraan dunia catur. Justru aneh jika menganggap diri sebagai pecinta catur tetapi masih belum paham mengenai ketiga format permainan catur tersebut.

Tetapi mengingat pembaca sekalian belum tentu merupakan seseorang cukup memperhatikan tentang dunia percaturan, maka cukup tepat rasanya jika pada kesempatan kali ini informasi mengenai perbedaan format catur klasik, cepat dan kilat akan diangkat.

Beda Catur Klasik, Catur Cepat dan Catur Kilat

Mengenal Perbedaan Kejuaraan Catur Klasik, Cepat Dan Kilat

Ketiga format permainan yang dimaksud di atas sebetulnya di dasarkan pada batas waktu bermain yang dimainkan. Itulah mengapa akhirnya muncul catur cepat dan kilat karena menganggap catur klasik terlalu lama hingga memunculkan kejenuhan di benak pemain apalagi penonton. Lebih jelasnya pengaturan waktu yang dimaksud yaitu sebagai berikut.

  • Catur Klasik

Catur klasik jelas merupakan format permainan catur paling tua dan awal dari permainan catur modern seperti yang sekarang dikenal. Format yang satu ini pun merupakan yang paling lama digunakan tanpa ada format lain. Itulah mengapa ketika format catur cepat diperkenalkan, pecatur-pecatur yang sudah begitu nyaman dengan format catur klasik memberikan respons kurang positif. Puncaknya jelas dengan adanya PCA yang merupakan tandingan bagi FIDE sebagai induk olahraga catur internasional.

Dalam catur klasik waktu untuk berpikir bagi tiap-tiap pecatur dalam permainan catur cukup lama yaitu di atas atau paling tidak sama dengan 60 menit. Pada kejuaraan dunia bahkan umumnya menggunakan waktu 90 hingga 120 menit yang diberikan kepada setiap pemain. Jikalau kedua pecatur menyelesaikan sekian langkah lebih dari waktu 90 menit atau 120 menit yang disediakan, maka pertandingan dapat tetap dilanjutkan. Mengenai lamanya waktu yang disediakan amat bergantung pada ketentuan dari penyelenggara kejuaraan catur itu sendiri. Meski memang umumnya dilanjutkan dengan memberi tambahan 15 menit saja dengan increment tak lebih dari 10 detik kepada setiap pemain. Apabila pertandingan berjalan normal, kemudian kualitas dari pemain cukup seimbang, maka pertandingan catur klasik biasanya memakan waktu hingga lebih dari 1 jam.

  • Catur Cepat

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, lahirnya catur cepat ini adalah akibat rasa jenuh yang kerap timbul dalam benak pecatur maupun penonton. Sehingga muncullah format yang satu ini dengan pengaturan waktu cukup jauh perbedaannya.

Waktu pikir yang diberikan kepada masing-masing pecatur dalam permainan format cepat yaitu tidak lebih dari 60 menit, namun tetap di atas 10 menit lamanya. Kebanyakan kejuaraan lebih memilih menggelarnya dengan waktu 25 menit saja untuk setiap pemain, bisa juga 15 menit dengan memberikan increment 10 detik pada setiap langkahnya. Itulah mengapa format semacam ini disebut dengan catur cepat karena memang cukup cepat. Normalnya pada suatu permainan catur cepat yang kualitas para  pemain cukup seimbang, maka jalannya permainan paling hanya memakan waktu antara 20 hingga 40 menit saja.

  • Catur Kilat

Adanya catur cepat tak membuat perkembangan format permainan catur terhenti, terbukti dengan lahirnya format catur kilat yang jelas lebih cepat daripada catur cepat apalagi catur klasik. Waktu pikir yang diberikan kepada tiap-tiap pecatur tidak lebih dari 10 menit. Pada format ini, kebanyakan kejuaraan justru menggelar dengan waktu hanya 5 menit saja untuk setiap pemain, bisa juga 5 menit dengan memberikan increment 3 detik setiap langkahnya, serta bisa juga 3 menit dengan memberikan increment 2 detik setiap langkahnya. Pada pertandingan yang berjalan normal dimana kualitas pemain tampak seimbang, maka permainan catur dengan format kilat hanya memakan waktu antara 7 hingga 12 menit saja.

Memperbanyak Kejuaraan Catur

Meski sama-sama permainan catur dengan aturan yang sama juga, hanya berbeda pada pengaturan waktunya tetapi kiranya sangat berpengaruh terhadap gaya permainan pecatur. Itulah mengapa ada pecatur yang khusus melakukan permainan catur klasik karena tipenya yang tidak agresif. Namun ada juga yang bisa nyaman dengan catur klasik, cepat maupun kilat.

Atas dasar itulah mengapa ada kejuaraan yang hanya mengangkat salah satu format saja misalnya hanya format catur kilat. Tetapi ada juga yang mengangkat semua format, ini biasanya kejuaraan yang diangkat oleh FIDE selaku organisasi induk olahraga catur dunia.

Dengan adanya format-format baru dalam permainan catur, tampaknya hal tersebut sekaligus mendongkrak atensi alias perhatian khalayak terhadap catur. Bisa dikatakan minat terhadap catur menjadi lebih meningkat walau di satu sisi kualitas permainan justru dianggap telah terjadi degradasi. Tetapi bagaimana pun juga harus disadari bahwa permainan catur memang sudah saatnya kembali bangkit sebagai salah satu olahraga otak paling tua dan paling populer di seluruh dunia.