Juara Dunia Catur Paling Populer Sepanjang Sejarah

Juara Dunia Catur Paling Populer Sepanjang Sejarah

Menjadi seorang pecatur kelas internasional tentu merupakan suatu harapan semua pemain catur di seluruh dunia. Pasalnya selain perihal finansial yang jelas akan sangat menjanjikan, menjadi pecatur kelas dunia juga membuktikan bahwa usaha keras selama ini terbayar dengan sukses. Itulah mengapa kiranya banyak pecatur yang berusaha meningkatkan level diri dengan terus berlatih dan mengikuti berbagai kejuaraan catur dunia.

Selain usaha konkret yang dilakukan tersebut, seorang pecatur juga sebaiknya menjadi seorang pecatur terkemuka sebagai role model baginya. Karena dengan  begitu maka motivasi akan timbul hingga secara sadar maupun tidak jalan yang diambil akan seolah mengikuti pecatur yang dijadikan role model itu.

Role Model Pecatur Masa Kini

Juara Dunia Catur Paling Populer Sepanjang Sejarah

Tentu tidak sembarang pecatur bisa dijadikan role model, karena alih-alih termotivasi justru malah mungkin akan merasa puas dengan pencapaian yang sama dengan role model yang dimaksud. Padahal pencapaian dari role model itu masih sangat bisa dilampaui.

Itulah  mengapa sebaiknya menjadikan pecatur-pecatur yang pernah menjadi juara dunia sebagai role model. Karena juara dunia jelas merupakan prestasi tertinggi yang bisa diraih oleh seorang pecatur baik pria maupun wanita.

Dari sekian banyak pecatur yang pernah menjadi juara dunia, kiranya ada beberapa yang cukup populer  baik karena gaya mainnya maupun prestasinya dalam kejuaraan catur dunia. Beberapa pecatur yang dimaksud yaitu sebagai berikut.

  • Mikhail Tal

Mikhail Tal adalah pecatur asal Latvia-Soviet yang acap kali disebut sebagai ‘penyihir dari Riga’ akibat kepiawaiannya melakukan langkah serangan dengan amat baik. Tal sering membuat lawannya bingung dengan strategi dan taktik imajinatif miliknya. Gaya yang berani serta kombinasi ketika bermain menjadikan dirinya menjadi juara dunia. Ia juga termasuk sebagai salah satu dari sedikit orang yang mampu menjadi juara dunia di usia muda, tepatnya pada usia 23 tahun. Prestasinya yang paling diingat adalah tak terkalahkan dalam 86 permainan yang ia mainkan mulai Juli 1972 sampai April 1973.

  • Vladimir Kramnik

Pecatur berkebangsaan Russia, yaitu Vladimir Kramnik, sering disebut sebagai ‘Ice Man’ karena gaya bermainnya yang cenderung defensif namun menjadikannya tidak terkalahkan. Kramnik menjadi juara dunia Junior U-18 di tahun 1991. Di tahun 1995, Kramnik menjuarai Credit Swiss Master, dilanjutkan dengan Dos Harmanes Super GM pada tahun 1996, serta tak ketinggalan Melodi Amber Super GM sebanyak tiga kali yaitu pada tahun 1996, 1998, dan 1999.

  • Viswanathan Anand

Viswanathan Anand merupakan seorang pecatur jenius yang punya gerakan sangat cepat ketika bermain. Ia sangat percaya diri, agresif dan tentu saja cepat dalam melakukan penyerangan. Anand memulai karier sebagai pecatur dengan menjadi juara dunia Junior di tahun 1987 serta meraih medali emas pada kejuaraan catur Zona asia di tahun 1990. Puncaknya pada tahun 2000, Anand menjadi juara dunia FIDE dengan berkat kesuksesannya mengalahkan Evgeny Bareev.

  • Anatoly Karpov

Anatoly Karpov dilahirkan di Rusia dengan bakat tentang pemahaman posisi yang begitu luar biasa dalam hal percaturan. Ia tak banyak melakukan kesalahan dalam bermain pada setiap permainan yang ia mainkan dan juga tidak banyak ambil risiko. Ia seringkali mengalahkan lawan-lawannya hanya dengan memanfaatkan kekurangtelitian lawannya itu. Ia menyabet gelar juara Dunia Junior di tahun 1969 serta pada Olimpiade Nice tahun 1974. Karpov memiliki rekor mencetak kemenangan dalam 12 dari 14 pertandingan yang dimainkan sehingga berhak atas medali emas.

  • Bobby Fischer

Bobby Fischer merupakan salah seorang ahli strategi paling hebat dalam dunia percaturan. Strategi posisi bidak raja yang diterapkan oleh Fischer memang sudah banyak diketahui oleh lawan, tetapi rupanya tidak cukup untuk membendung strategi yang dilancarkan oleh pria Amerika ini. Fischer menyabet gelar juara US Chess Cahmpions ketika usianya baru menginjak 14 tahun serta mendapat gelar Grand Master satu tahun setelahnya yakni 15  tahun. Hal tersebut sekaligus menjadi rekor untuk usia termuda hingga sat ini dalam hal meraih gelar grand master.

  • Gary Kasparov

Gary Kasparov merupakan salah satu dari banyak pecatur agresif yang dimiliki Rusia. Nama Kasparov jelas sudah begitu identik dengan dunia catur berkat bakat yang sulit ditandingi serta kontribusinya untuk beragam teori catur. Kasparov menyabet juara dunia Junior di tahun 1980. Yang mengejutkan dari bulan Desember 1980 sampai bulan Februari 1991, Kasprov tidak terkalahkan pada permainan tunggal.

Pecatur Juara Dunia Sebagai Inspirasi

Model Pecatur Masa Kini

Nama-nama besar di atas sudah lebih dari sekedar layak menjadi role model bagi pecatur pemula dalam memandang ke depan. Lebih lanjut, pecatur-pecatur yang telah berhasil menjadi juara dunia di atas juga dapat dijadikan inspirasi. Terlebih mereka yang mungkin memiliki latar belakangan yang sama, misalnya seperti Viswanathan Anand yang bisa dijadikan inspirasi bagi pecatur Asia bahwa mereka yang dari Asia juga bisa unjuk gigi di kancah dunia.